Selasa, 01 Januari 2008

Produk Crude Distilling Unit II





Produk midle distillate yaitu merupakan produk tengah dari distilasi terdiri dari Avtur atau Kerosine ( Minyak Tanah ), LGO ( Light Gas Oil ), dan HGO ( Heavy Gas Oil ). Produk kerosine ( munyak tanah ) bisa langsung di gunakan, untuk produk avtur masih harus di treatment lebih lanjut dengan penambahan beberapa aditif untuk memperoleh spesifikasi yang ditentukan. Produk LGO dan HGO di blending untuk menghasilkan produk solar.


Uraian Proses
  1. Produk kerosine atau minyak tanah keluar dari kolom / menara distilasi masuk ke kolom kerosine stripper. kolom ini berfungsi untuk men strip atau mengusir fraksi yang lebih ringan atau fraksi naphta yang terikut pada produk kerosine naik ke atas kolom distilasi, sehingga kualitas produk kerosine menjadi lebih baik. Dari kolom stripper produk kerosine dipompakan ke pendingin atau cooler dan di tampung di tanki timbun produk kerosine.

  2. Produk Light Gas Oil ( LGO ) keluar dari kolom / menara distilasi masuk ke kolom LGO stripper. Sebagaimana kolom kerosine stripper kolom LGO stripper juga berfungsi untuk mengusir fraksi yang lebih ringan dalam hal ini adalah fraksi kerosine yang ada di LGO naik keatas kolom agar produksi LGO sesuai dengan baku mutu atau spesifikasinya. dari kolom LGO stripper produk LGO dipompakan ke cooler dan ditampung di tanki produk solar.

  3. Produk Heavy Gas Oil ( HGO ) keluar dari kolom distilasi masuk kolom HGO stripper untuk di ambil fraksi ringannya. kemudian keluar dipompa ke coooler dan ditampung di tanki produk bersama dengan LGO menjadi produk solar.



Produk sealanjutnya adalah produk dasar kolom atau bottom product sering juga di sebut Long Residue atau Reduce Crude yang flow diagramnya dapat di lihat diatas. Long residue ini digunakan untuk bahan bakar pada tungku atau ketel, dengan di encerkan dengan solar. Namun pada saat ini produk Long residue kebanyakan diolah kembali pada unit proses Distillasi Vacuum atau yang dikenal dengan Hihgt Vacuum Unit ( HVU ) yang akan dijelaskan kemudian.

2 komentar:

Syarif Nur Arief mengatakan...

maksud saya,bisakah minyak tanah di fraksi lagi dengan cara proses distilasi yang di campur air dengan temperature dan tekanan khusus untuk menghasilkan hydrokarbon yang lebih rendah,minta balasan,trims sblmnya.

zaenal mengatakan...

Kerosine merupakan campuran beberapa hydrocarbon, dari C10 - C14 atau dengan titik didih antara 177oC - 288oC. Pada sckala laboratorium dapat dipisahkan lagi, tentunya dengan peralatan dan kondisi operasi tertentu.